[Guide] Membuat CWM Maxtron Amor II (dua) dan Menginstal ROM


Sobat abc83, kali ini saya mau share pengalaman saya dengan HP Android Maxtron Amor II (dua); Mediatek MT6572 berbasis Android 4.2, UBIFS. Maxtron Amor II ini berbeda dengan Amor I, meskipun sama-sama MT6572. Maxtron Amor I adalah ext4 sedangkan Maxtron Amor II adalah UBIFS. Kita juga tahu Mediatek tidak memiliki bootloader, artinya tidak ada flashing mode fastboot, tetapi pada Maxtron Amor II terdapat mode fastboot saat anda booting dengan menekan tombol power dan volume+.

Kebanyakan HP berchipset Mediatek menggunakan MTK DroidTool untuk melakukan Backup dan membuat CWM Recovery. Untuk Maxtron Amor II, anda bisa menggunakan MTK DroidTool untuk melakukan backup file-file penting dalam bentuk image (.img) tetapi tidak untuk partisi system (partisi system di-backup dalam bentuk folder, bukan image), juga NVRAM.

Untuk membuat CWM untuk Maxtron Amor II yang adalah UBIFS, anda harus melakukan rooting terlebih dahulu. Saya menyarankan anda Googling aplikasi PC VROOT dan mendownloadnya. Proses rooting dengan vroot ini melalui koneksi USB ke PC. Tentu saja anda harus mengaktifkan Debug USB di bagian pengaturan terlebih dahulu; dan tidak kalah penting adalah menginstal driver ADB.

Anda juga harus mendownload CTR melalui link ini [via 4shared]. Setelah download, ekstrak dan letakkan foldernya di desktop. Koneksikan Maxtron Amor II anda melalui PC, dan jalankan aplikasinya, ikuti saja instruksinya, mudah saja. Instalasi CWM akan terjadi secara otomatis.

Jika sudah terinstal CWM Carliv Touch Recovery tersebut, anda bisa melakukan backup melalui CWM. Sayangnya, anda tidak bisa melakukan proses restore karena selalu saja error. Oleh karenanya anda butuh folder system yang sudah anda backup melalui MTK DroidTool. Dari folder system ini, anda bisa membuat file zip untuk menginstallnya dari CWM yang sudah anda buat tadi. Apakah anda tahu masalah besar lainnya? Maxtron Amor II tidak dapat menggunakan folder META-INF (Updater-Script) yang kita gunakan secara umum. Mengapa? Karena updater-script untuk UBIFS berbeda dengan EXT4 seperti Maxtron Amor I.

Melalui pencarian panjang, saya kemudian menemukan sebuah (mungkin yang pertama) ROM khusus UBIFS dan saya ambil folder META-INF-nya. Anda bisa mendownloadnya di link ini [via 4shared]. Setelah mendownload, ekstrak dan letakkan bersama folder system tadi, kemudian blok kedua folder tersebut (system & META-INF) kemudian jadikan zip. Jika sudah, maka siap diinstal melalui CWM. Jangan lupa untuk meletakkan file ROM di SDCARD, bukan dalam folder apapun dalam SDCARD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s