[GUIDE] Menghidupkan Kembali Cross Andromeda A7S JB yang Brick/Mati Total


Sobat abc83, beberapa waktu lalu saya dihadapkan dengan HP Android Cross Andromeda A7s yang mati total gara-gara yang empunya coba-coba flashing ROM yang tidak sesuai melalui CWM. Setelah saya mendownload stock firmware untuk HP tersebut melalui link Cross A7s Lounge di Kaskus, kemudian saya mendownload driver MTK MT6577, dan SP FLashtool, saya kemudian melakukan cara-cara yang telah digambarkan oleh para master. Akan tetapi, yang terjadi adalah HP tersebut terbaca atau terdeteksi sebagai Single USB Port. Artinya, dalam keadaan ini, SP Flashtool mustahil melakukan flashing firmware. Saya kemudian mengembalikan HP tersebut, saya menyerah.

Beberapa hari kemudian, merasa tidak puas, saya melakukannya sekali lagi. Kali ini saya tidak menggunakan cara yang diajarkan oleh para master andromeda a7s itu. Langkah-langkah seperti apa yang saya lakukan? Berikut ini yang saya lakukan. Maaf, saya tidak menyertai gambar karena pada saat itu saya tidak sempat melakukan screenshot.

Download Stock Firmware Cross A7S disini: http://www.4shared.com/archive/GHs9gVM6/CROSS_A7S_41tar.html

Download Drivernya disini: http://www.mediafire.com/?cypm22rgs2k83ji

Download SP FLashtool disini: http://d-h.st/BCA

Driver + SP FLashtool bisa juga didownload lewat link ini:

http://www.4shared.com/rar/uomdTTxK/SP_FLASHTOOL__Driver.html

  1. Install driver yang sudah didownload. Jangan double klik, tetapi klik kanan dan pilih Run As Administrator. Restart PC/Laptop.
  2. Ekstrak Firmware.
  3. Jalankan SP Flashtool dan pilih file scatter dari folder firmware yang sudah diekstrak tadi.
  4. Klik tombol download pada SP Flashtool.
  5. Matikan HP Cross A7s, cabut baterainya.
  6. Colok USB pada HP sementara tanpa baterai. Kemudian tekan volume + dan tahan, sambil colok USB ke PC/laptop yang sedang menjalankan SP Flashtool. Saat ini. PC/laptop akan mendeteksi HP sebagai MTK USB Port (karena sudah install driver MTK tadi. Spontan SP Flashtool akan melakukan proses flashing tetapi besar kemungkinan akan gagal, tidak masalah.
  7. Cabut kabel USB dari PC/laptop, buka juga baterainya.
  8. Jalankan kembali SP Flashtool, pilih file scatter, dan tekan download.
  9. Masih tanpa baterai, tekan volume + sambil colokin USB ke PC/Laptop.
  10. Ketika PC/Laptop mulai mendeteksi kembali, segera lepas tombol volume + dan secepatnya masukkan baterai. Maka anda akan melihat SP Flashtool melakukan hitung mundur, sementara driver Preloader MTK dari HP Cross A7s yang matot tadi terinstall. Anda biarkan saja hingga SP Flashtool selesai melakukan flashing hingga selesai dan muncul lingkaran hijau.
  11. Tutup SP Flashtool, cabut baterai dan kabel USB, kemudian silahkan hidupkan HP Cross A7S anda.

Cara ini sudah diuji dan 100% work. Kecurigaan saya begini… ketika HP Cross A7S matot dan terdeteksi sebagai Single USB Port, itu karena mode META pada HP tersebut “mati”. Untuk menghidupkannya kembali, maka tekan vol + sambil colok USB ke PC/Laptop (tanpa baterai). Ketika terdeteksi kembali, HP Cross A7s tidak lagi terbaca sebagai Single USB Port, melainkan MTK USB Port. Tatkala itu, ketika memasang baterai dengan segera, sambil melepaskan tombol volume +, driver Preloader akan terinstall. Satu hal, SP Flashtool sudah pasti akan bekerja jika Preloader VCOM aktif🙂

Seandainya saja ada kesalahan dalam flashing, kemungkinan besar ada kesalahan pada file scatter, atau pada saat pengaturan atau seleksi file pada sp flashtool. Maka, anda pun harus jeli dalam hal ini. Jika anda belum terlalu berpengalaman, saya sarankan untuk banyak melakukan browsing tatacara flashing dan sebagainya.

Catatan: Jika PC/Laptop anda seringkali digunakan untuk melakukan flashing HP android yang berbeda, saya khawatir jika terlalu banyak driver MTK di PC/Laptop anda. Untuk itu, download aplikasi USBDEVIEW dan uninstall terlebih dahulu driver MTK yang lama, restart PC/Laptop barulah install driver MTK VCOM yang baru.

Sumber File-File yang diperlukan:

http://www.kaskus.co.id/thread/51cae1afe374b4782d000000/waiting-lounge-cross-a7s/1

Terima kasih para admin di Lounge Cross A7S di Kaskus, you are the best…

24 comments

    1. Mungkin ada yang terlewati, atau kabel USB-nya harus diganti. Pastikan driver sudah terinstal. Saya sarankan pakai SP Flashtool terbaru, meski awalnya agak nge-hang tapi jalan.

  1. Gan mw tax klo flasstollx muncul brom error :s_dl_pmt_err_no_space (5069), itu knpa gan? Loadingx cuma sampai warna ungu saja

    1. Kalau berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari XDA, sepertinya itu masalah driver gan. Preloader MTK-nya tidak running dengan baik alias terputus koneksi usb sehingga partisi tidak terbaca alias no space. Mungkin agan menggunakan WIndows 8? COba dengan Windows 7. Pastikan juga driver yang terinstal juga benar, baik dari segi driver ADB maupun MTK Preloadernya. Satu hal lagi, jangan flash Preloader.bin saat pakai spflashtool.

    1. coba untuk biarkan HP anda sekitar 2-3 hari tanpa baterai agar seluruh daya terkuras habis dan system akan mereset kondisi android anda (ini semacam reset bios pada PC). Kemudian cobalah lakukan flashing lagi. PAstikan baterai anda di atas 80% dan anda benar-benar mengikuti seluruh petunjuk yang ada disini. Semoga sukses.

  2. Trimakasih banyak Gan, akhirnya evas sya bisa hidup lgi, atas pencerhan nya, 2 hri sy browsing, dan hampir puts asa, akhirny nemu tutorial anda, sangat membantu sekali, sy mlh pke windows 8.1 , 1000%work

  3. Saya Flash Evercroos A7s Hello Kitty,,.Dari skian banyak Firmware sy coba gagal trus di saat download warna kuning.
    merah hijau ungu sukseks tapi berhenti ketika download
    mohon pencerahan nya Bos..

    Terima Kasih

    1. penyebabnya bisa bermacam-macam gan, tolong dilihat keterangan errornya kode berapa dan googling. Kebanyakan masalah koneksi dari HP ke PC, mungkin karena kabel USB, mungkin karena daya, mungkin juga karena driver.

  4. kondisi hp dah matot, di langkah no. 5 untuk apa hp hrs di matiin lg….?

    semua solusi sama.
    “matikan hp anda, dr judul saja hp sudah mati”
    untuk apa di matiin lagi.
    pd ujung2nya, ms jg gagal gan.

    1. benar gan, ane keliru bahasanya. Maksudnya cabut baterainya (tanpa baterai). Terima kasih, ana koreksi. Untuk masalah masih gagal, mungkin ada cara yang terlewati, dan firmwarenya pastikan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s