[Guide] Memindahkan atau Me-link-kan Aplikasi Android ke SDCARD dengan Link2SD


Sobat abc83, kali ini saya mau share cara memindahkan aplikasi android anda ke SDCARD. Hal ini cukup penting, khususnya jika anda memiliki HP android dengan internal memory yang minimum. Akan tetapi, ini membutuhkan dua hal:

  1. Android anda harus sudah dalam keadaan root. Jika belum, maka saya persilahkan anda untuk googling dahulu.
  2. SDCARD anda sudah dalam keadaan dipartisi. Jika belum, maka saya persilahkan anda untuk googling dahulu juga.

Jika dua persyaratan di atas sudah terpenuhi, maka silahkan download aplikasi Link2SD dan Move Apps melalui link mediafire di bawah ini:

DOWNLOAD LINK2SD & MOVE APPS VIA MEDIAFIRE

Setelah anda mendownload dua aplikasi ini, maka pilih saja salah satunya untuk digunakan dan saya akan jelaskan penggunaan Link2SD (maaf saya tidak melampirkan screenshoot!). Jalankan Link2SD dan berikan hak akses Superuser jika dimintai (pasti akan dimintai jika anda sudah root). Kemudian, pilih partisi ext2, atau ext3, (ini sangat tergantung pada jenis partisi sdcard anda masing-masing). Setelah itu, jika sukses, maka anda akan diminta untuk melakukan reboot.

Setelah anda me-reboot HP android anda, buka kembali link2sd dan masuk bagian settings link2sd. Pilih auto link. Kemudian pada menu filter, pilih bagian internal. Akan muncul daftar aplikasi yang terinstal di internal memory. Tekan tombol opsi pada hp anda dan kemudian pilihlah “pilihan banyak”, kemudian setelah terpilih semua aplikasi tersebut, maka pilihlah “membuat link”. Berikan tanda centang pada semua kotak (tanpa tanda gembok). Jika sudah, tekan OK dan link2sd akan segera me-link aplikasi-aplikasi tersebut ke sdcard dan memori internal anda akan kembali lega. Setelah itu, setiap anda menginstal aplikasi, maka secara otomatis akan ter-link ke sdcard, dan anda tidak perlu khawatir lagi dengan memori internal anda akan penuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s