[guide] Mengatasi HP Andoid Lemot tanpa Root & tanpa Tweak


Sobat abc83, kali ini saya mau share informasi dan aplikasi untuk mengatasi kelambatan (ke-lemot-an) HP android yang misalnya RAM-nya kecil (low-end device). Informasi ini penting karena saya melihat banyak pengguna HP android (saya melihat pertanyaan dan komentar di beberapa grup di FB) yang mengeluh akan hal ini. Mereka kemudian disuguhi berbagai rekomendasi seperti “hape-nya harus diroot dan dipasangin tweak init.d dan tweak di build.prop”, “harus pasang CWM dan instal custom ROM yang bagus”, “harus pasang CWM dan flash MOD dan tweak”, dan sebagainya. Para penanya kemudian bingung karena mereka adalah “newbie” di dunia android. Coba-coba, alhasil HP android mereka bootloop (tidak bisa masuk ke sistem melainkan stuck di animasi boot).

Saya merasa kasihan sekaligus merasa lucu. Beberapa pengguna android di Indonesia ini sepertinya tidak terlalu memperhatikan aspek lain dari penggunaan tweak yang ditawarkan di internet (mungkin di XDA, Lounge di KasKus, atau di blog atau website pribadi para developer android). Harusnya para pengguna android tahu bahwa tweak (init.d & build.prop) itu tidak bersifat universal; artinya, bisa jadi sebuah tweak bekerja di satu HP tapi tidak di HP lain, karena spec tiap-tiap HP itu berbeda. Analoginya begini: apa gunanya tweak ‘memperkeras pukulan’ bagi seseorang yang tidak memiliki tangan?

Mengapa Android anda menjadi lambat?

Anda tidak bisa menyalahkan vendor karena membuat HP anda memiliki kapasitas RAM yang terbatas; misalnya saat ini banyak HP android (berbasis OS Android Jelly Bean) yang memiliki kapasitas minimal 1 GB dan punya anda hanya 256 MB. Para vendor membuat HP dengan RAM (katakanlah, memori) 256 MB karena disesuaikan dengan beban kerja yang dipikulnya. Nah, inilah mengapa HP android anda menjadi lemot, karena beban yang dipikul oleh HP anda terlalu berat; misalnya beban aplikasi.

Konsumsi RAM itu tergantung pada banyaknya aplikasi yang berjalan di HP anda. Logikanya, jika beban yang dipikul oleh HP anda berlebihan (bukan melebihi 256 MB tetapi melebihi batas standar) sehingga RAM bebas (Free RAM) tersisa misalnya 10 MB, maka HP anda akan berjalan lambat.

Apakah Root dan Tweak membantu?

Root adalah proses untuk mendapatkan hak akses penuh pada sistem android (termasuk hak untuk merusaknya!); dan hak akses penuh ini dibutuhkan oleh pengguna agar bisa memasang dan menggunakan tweak tertentu. Apakah root dan tweak bisa membantu melancarkan kinerja HP android? Bisa ya bisa tidak, tergantung apakah tweak yang digunakan itu benar-benar didukung/atau mendukung hp android anda. Jika HP android anda tidak mendukung tweak tersebut, maka yang terjadi malah sebaliknya. Misalnya, HP anda hanya mendukung sinyal 2G dan anda memasang tweak 3G, tidak akan terjadi apa yang anda harapkan. Justru, hp anda malah akan terbebani, karena meskipun tidak ada peningkatan kinerja, perintah yang ada dalam tweak itu tetap akan dijalankan oleh sistem. Bukankah ini merupakan pembebanan sia-sia terhadap hp anda?

Bisakah HP dengan RAM terbatas menjalankan aplikasi yang banyak?

Bisa saja, asalkan aplikasi-aplikasi tersebut tidak berjalan tumpang-tindih. Artinya, aplikasi-aplikasi tersebut tidak berjalan jika tidak digunakan. Android senantiasa menyimpan proses aplikasi, meskipun aplikasi itu sedang tidak digunakan. Oleh karena itu, setiap anda menutup sebuah tampilan aplikasi, bukan berarti aplikasi itu benar-benar berhenti. Di belakang layar, aplikasi tersebut masih berjalan dan masih mengkonsumsi RAM anda. Selain itu, perhatikanlah kapasitas memori internal (space) HP anda. Jika aplikasi yang anda instal berukuran besar seperti game, maka sebaiknya anda memperhatikan kapasitas Free Space (kalau di komputer internal memori itu hardisk). Semakin mendekati kapasitas maksimal, semakin lemot hp android anda.

Bagaimana cara mengatasi kelambatan HP tanpa root dan tanpa tweak?

Setelah membaca sejumlah penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa yang paling baik untuk kita lakukan adalah senantiasa menjaga agar internal memori kita tidak menampung banyak junk files (file sampah) dan senantiasa mematikan proses dari aplikasi yang tidak sedang kita gunakan. Caranya?

Kita tidak mungkin melakukannya secara manual, meskipun pada dasarnya bisa, hanya saja memakan waktu. Selain itu, kita bisa saja melakukan kesalahan dalam menghapus file dan mematikan proses, maka kita serahkan saja pada aplikasi. Aplikasi apa yang saya rekomendasikan? Berdasarkan uji coba atas berbagai merk hp android, saya rekomendasikan Advanced Task Killer untuk membebaskan RAM dari beban berat yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, dan Ccleaner untuk mengecek adanya file sampah di memori internal dan kemudian menghapusnya. Kedua aplikasi ini tidak hanya ringan, tetapi justru meringankan sistem. Aplikasi ini tidak seperti aplikasi lain yang membebaskan RAM dari konsumsi aplikasi lain, tetapi kemudian mengkonsumsu RAM.

Bagaimana cara menggunakan Advanced Task Killer?

Advanced Task Killer harus didownload melalui link yang saya sediakan. Kemudian diinstal di HP anda. Setelah itu, lakukan step-step berikut ini (maaf saya tidak menyertakan gambar):

  1. Jalankan Advanced Task Killer.
  2. Tekan tombol option di HH anda agar masuk pada menu setingan advanced task killer..
  3. Berikan tanda centang pada Auto Start.
  4. Hilangkan tanda centang pada Show Notification.
  5. Scroll ke bawah dan pilih Auto Kill Level — > Pilih Safe. Kemudian kembali.
  6. Pilih Auto Kill Frequency — > When Screen Off. Kemudian kembali.
  7. Pilih Security Level — > Medium. Kemudian kembali.

Selamat, HH anda saya jamin tidak akan lemot lagi…

 Bagaimana cara menggunakan Ccleaner?

Instal dahulu Ccleanernya kemudian jalankan, pilih Analyze, tunggu hingga proses analisisnya. Kemudian jika sudah ada tampilan hasil analisis, silahkan pasang tanda centang pada bagian yang ingin anda hapus, dan jangan pasang tanda centang pada bagian yang tidak ingin anda hapus. Saran saya, anda cukup memasang tanda centang pada bagian Cache, Clipboard, Empty Folders, Call Logs, dan Processes. Setelah memasang bagian ini, maka klik Clean. Jika proses sudah selesai, silahkan keluar.

Anda hanya perlu melakukan pembersihan ini seminggu sekali. Sedangkan untuk Advanced Task Killer, anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi karena semua sudah diatur.

Demikian, anda tidak perlu root dan tidak perlu tweak apapun agar hp anda tetap fresh dan tidak lemot. Ada saran saya yang terakhir, anda gunakan SDCARD kelas 10. Meskipun harganya agak mahal, tetapi tidak sebanding dengan root dan tweak yang berpotensi merusak HP anda.

DOWNLOAD ADVANCED TASK KILLER & CCLEANER [MEDIAFIRE]

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s