Tips untuk meningkatkan kinerja Android Gingerbread tanpa root


Sobat abc83, khususnya pengguna Android Gingerbread, kali ini saya mau share cara meningkatkan performa atau kinerja Android GB tanpa root.

Sebagaimana yang sudah diketahui, Android GB sudah mulai ketinggalan karena versi OS-nya yang melesat cepat ke versi yang lebih tinggi. Beruntunglah para developer di XDA maupun forum-forum lain senantiasa mencoba untuk mengejar ketertinggalan ini. Meskipun demikian, Android GB dan performanya sangat dibatasi oleh perangkat keras yang kita miliki, tentu saja maksud saya adalah prosesor, RAM, dan internal storage dari Android Device yang menggunakan OS Android GB adalah device yang terbatas kemampuannya.

Agar bisa mengoptimalkan kinerja Android GB tanpa root, maka kita perlu mempertimbangkan aspek spek dari pada device kita, dan kita cocokkan beban kerjanya. Nah, untuk itu, mari simak baik-baik beberapa tips berikut ini.

  1. Jangan menginstal Launcher tambahan, gunakanlah Launcher Stock meskipun tampilannya apa adanya: Launcher atau Home Screen memang banyak pilihan, namun dengan menginstal Launcher tambahan maka kinerja android akan terbebani karena proses latar belakang dari launcher stock masih tetap bekerja.
  2. Kurangi intensitas cahaya layar: Pada bagian settings, masuk pada display dan atur kecerahannya. Semakin tinggi kecerahan semakin banyak sumberdaya yang digunakan. Dengan cara meminimalkan kecerahan maka semakin sedikit sumberdaya yang digunakan dan baterai semakin awet.
  3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan: Jangan merasa kurang PD dengan HP android yang sedikit aplikasinya. Semakin banyak aplikasi semakin berat beban kerjanya. Persoalannya terletak pada background process dari pada tiap-tiap aplikasi; meskipun aplikasi tersebut tidak dijalankan, bukan berarti tidak ada proses di belakangnya. Oleh karena itu, hapus saja aplikasi (misalnya game) yang jarang digunakan atau dimainkan.
  4. Jangan pakai Live Wallpaper: Live Wallpaper memang indah, tetapi sangat memakan sumberdaya, baik itu RAM maupun baterai. Gunakan saja Wallpaper gambar yang ukurannya kecil tapi indah.
  5. Matikan AutoSync: Sinkronisasi otomatis yang ada di bagian Settings–>Account & Sync sebaiknya dinonaktifkan saja karena akan memakan daya khususnya pada saat online.
  6. Gunakan Task Killer: Task Killer (search saja di GooglePlay) adalah aplikasi untuk mematikan sejumlah proses yang tidak digunakan dan ini sangat bermanfaat untuk membebaskan RAM dari pekerjaan yang “sia-sia”.
  7. Jangan gunakan terlalu banyak widget pada home screen: Widget, meskipun bukan aplikasi, tetap saja memakan sumberdaya. Apakah anda butuh widget jam dan tanggal? Bukankah sudah ada di statusbar? Apakah anda butuh widget bluetooth dan wifi? Semuanya sudah ada di statusbar, jadi gunakan saja yang sudah ada di statusbar.
  8. Matikan Data jika tidak digunakan: Jika anda sedang tidak membutuhkan koneksi internet, maka nonaktifkan Data. Ini akan menghemat baterai dan juga meringankan kinerja RAM.
  9. Nonaktifkan Auto Update: Saat anda membuka GooglePlay, maka masuklah ke bagian settingan di GooglePlay dan nonaktifkan Auto Update-nya. Jika auto update diaktifkan, maka setiap kali anda online, GooglePlay dengan sendirinya akan aktif dan mencari dan mendeteksi setiap aplikasi yang terinstal di HP anda untuk mencari update-nya. Ini sangat memakan daya.
  10. Gunakan SD Card yang bagus: SD Card memiliki kelas masing-masing. Jika anda ingin kinerja Android anda bagus, maka gunakanlah SD Card kelas 6 ke atas.
  11. Gunakan aplikasi yang ringan: Jika anda ingin menginstal sebuah aplikasi, katakanlah music player, maka pilihlah yang ringan. Sebenarnya yang sudah ada di stock masih bisa digunakan, dan sudah tentu ringan. Hanya saja jika anda tidak puas, maka gunakan aplikasi alternatif yang ringan, apapun itu. Pastikan saja bahwa aplikasi yang anda instal memiliki ukuran aplikasi yang kecil, baik secara fisik maupun secara proses.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, saya berani jamin kinerja Android GB anda pasti akan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s