Tips Memperbaharui & Mempercepat Kinerja HP Android


Sobat abc83, kali ini saya mau berbagi tips mengenai bagaimana memperbaharui dan mempercepat kinerja HP Android kita. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, dan akan saya sebutkan dan jelaskan apa adanya disini. Untuk bisa melakukan hal-hal dibawah ini, maka anda setidaknya anda dan HP android anda setidaknya sudah: (1) rooted, (2) CWM Recovery terinstal, (3) Link2Sd terinstal, (4) Punya file ROM untuk HP android merek yang anda punya, (5) mengerti semuanya🙂

Factory Reset: Factory Reset adalah suatu proses mengembalikan kondisi HP ke dalam keadaan awal (baru), tetapi untuk HP yang sudah pernah mengganti ROM, maka arti factory reset menjadi “mengembalikan kondisi HH seperti saat pertama menginstal ROM”. Cara untuk melakukan Factory Reset adalah dengan cara masuk pada Recovery Mode (masing-masing merk HP android punya cara yang berbeda) dan pilih Factory Reset. Tetapi perlu diingat, dengan melakukan Factory Reset maka seluruh data seperti kontak, pesan, log panggilan, dan aplikasi yang terinstal di partisi data akan terhapus. Maka lakukan backup kontak dan pesan terlebih dahulu.

Wipe Cache: Wipe Cache adalah proses penghapusan cache atau semacam “rekam proses” yang berfungsi untuk mempercepat peluncuran aplikasi setelah peluncuran yang pertama kalinya. Akan tetapi, dengan cache yang berlimpah-ruah maka ruang dalam partisi jadi lebih kecil, dan oleh karenanya kinerja sistem jadi lebih lambat. Anda bisa melakukan wipe cache (juga dalvik cache) melalui aplikasi Link2SD jika anda menggunakannya, dan jika anda tidak menggunakannya maka anda boleh melakukannya melalui recovery mode.

Instal ROM baru: Meskipun tidak semua ROM bisa menjanjikan kinerja yang anda harapkan, tetapi setidaknya cara ini bisa memperbaharui sistem android HP anda. Cara instal ROM bisa anda dapatkan dalam blog ini juga, dicari ya?🙂

Partisi SDCARD: Anda boleh melakukan partisi SDCARD melalui CWM Recovery, bukan recovery bawaan. Dengan melakukan partisi dan partisi linux swap melalui CWM Recovery, maka anda bisa me-link aplikasi ke sdcard (kelas 10 mantap), dan akhirnya anda memiliki ruang sistem yang besar dan tidak bakalan penuh…🙂 Dengan melakukan format sdcard juga anda bisa mendapatkan kinerja HP android yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s