[How To] Membuat Scatter File


Sobat abc83, kali ini saya mau share bagaimana cara membuat scatter file untuk kepentingan Flashing ROM Android, atau dengan istilah lain “Instal Ulang”😀 pertama-tama, kita harus menyiapkan alatnya yakni MTK ROM STUDIO, download disini. Kemudian siapkan saja kabel USB dan instal driver HP di laptop or PC. Jangan lupa untuk menempatkan sebuah folder di driver C:\. Kasih nama folder tersebut ADB. Sehingga nanti ada ada folder di path ini C:\ADB\ kemudian folder itu diisi file adb.exe, jika belum punya, silahkan download disini. Download Terminal Emulator PRdan instal di HP anda, download disini. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Setelah download ADB.zip, ekstrak di drive C:\
  2. Hubungkan HP dengan PC atau Laptop dengan USB.
  3. Buka folder C
  4. C:\ADB\ kemudian tekan shift dan tahan, kemudian klik kanan dan pilih Open Command Prompt.
  5. Setelah command prompt terbuka, ketikkan kode ini Adb Devices
  6. Perhatikan apakah HP anda terdeteksi atau tidak, jika terdeteksi, maka setidaknya ada nama HP anda disana. Contohnya saya menggunakan Micromax, dan seperti ini kelihatannya:

    Ketika device terdeteksi

    Ketika device terdeteksi

  7. Jika sudah terdeteksi, maka ketik kode berikut:   adb shell cat /proc/mtd
  8. Maka tampilan command prompt seperti ini:
  9. Jika benar, maka ketik lagi kode tersebut tapi dengan tambahan: adb shell cat /proc/mtd > firmware.info
  10. Maka akan ada file firmware.info di folder ADB.
  11. Buka MTK Rom Studio dan pilih menu File dan pilih Load firmware.info. Jika sudah terbaca maka klik tombol Create ROM, maka file Scatter anda (berekstensi txt) akan terbuat. Jika cara ini mengalami kendala, maka lakukan cara berikut:

    Membuat file firmware.info

    Membuat file firmware.info

  12. Buka aplikasi Terminal Emulator dan ketikkan kode ini di terminal emulator, di HP: cat /proc/mtd > /sdcard/firmware.info
  13. Maka di SDCARD anda terbuat firmware.info.
  14. Copy file tersebut ke komputer anda dan buat scatter file dengan MTK ROM Studio.

15 comments

  1. Gan, bisa mita scatter filenya g?, ane buat di mtk rom studio g bisa di load di SP Flash tool.. tolong dong di upload. ane nexian cronos mi320.. saya lihat abd shell cat /proc/mtd hasilnya sama kaya gambar diatas.. mtd0-mtd8. pasti partisinya sama kok.

    1. Sebaiknya punya agan sendiri scatternya, walau partisinya sama, tp ukuran file system masing-masing beda, tergantung HP yg digunakan saat DUmping ROM.

  2. Ada pertanyaan Gan🙂
    perangkat Andro memori internal 8G yg sudah di alamatkan ROM size sekian, RAM size sekian, cache size sekian dan sdcard0 (internal) size sekian.

    yg jadi pertanyaan adalah, setelah read firmware .info apakah kita bisa meng-edit ukuran ROM+cache+sdcard0 pada perangkat kita..???
    misalkan pada axioo picopad 7+ 3G GGGv2 yg baru
    contoh spek :
    MTK8389 Cortex – A7, 1.2G Quad Core PowerVR SGX 544 GPU, Memory 1GB. Supprt SMS & Call 3G. Menggunakan layar IPS 7.85”, 1024×768 Pixels IPS LCD 5 point capacitive touch.

    didalam perangkat ini ROM sebesar 1,5Gb dan sdcard0 (internal) kurang lebih 5,5Gb
    apakah bisa ROM dan sdcard0 dijadikan satu (merger) seperti pada komputer dg mengedit firmware.info ..???

    untuk selama ini perangkat saya sudah root, tp belum ada cwm yg support akan tetapi sudah saya edit file vold.stab shg mmc external dianggap sbg sdcard0 dan sdcard internal dianggap extsd oleh axioo saya.

    thanks, di tunggu jawabnya

  3. maaf gan.. ada cara lain gak cara membuat “file scatter” selain cara d atas soalnya cronos saya di adb seperti ini: list of devices; 123456789ABCDE, attached; devices, hh saya mati total, mohon solusinya gan…

  4. gan ane mw tanya ,, hh ane bootloop tiap dinyalain cuma smpe backgroun n muter2 aj, g bisa booting, parahny lgi g bisa masuk recovery, terakhir ane cuma backup lewat cwm, ane jg g pernah backup pake mdt, ane mw nanya, ap bisa ane flash lewat sp flash tool n pke backupan dri orang lain dngan hh yg sma,
    mkasih bnyak sbelumny🙂

    1. jika chipsetnya MTK, boleh pakai sp flashtool. Kalau bootlop seperti itu, ada dua pilihan. 1. flash hanya recovery.img dan boot.img saja. 2. flash system.img saja dan jika sudah bisa masuk ke sistem HH, coba format factory lewat pengaturan HH. Saran saya, jangan melakukan flash preloader, bisa-bisa mati total. Semoga membantu. (jangan lupa scatter filenya harus untuk HH yang sama).

  5. klw bootloop mati hidup di logo gmn cari scater file nya….ane blm pernah bacup datanya…..stiap instal rom error emmc 1344 terus…tolong bantuanx gan….makasih

    1. terpaksa harus donlod dari tempat lain gan scatternya, atau cari hh yang sama untuk ambil scatternya. Instal romnya lewat CWM? kalau error berarti ada ketidakcocokan, mungkin di file updater scriptnya atau dari boot.img-nya.

Tinggalkan Balasan

