[Root] Membuka Kunci Pola Android


KHUSUS UNTUK ANDROID YANG SUDAH ROOT

Sobat abc83, setiap HP Android punya fitur kunci layar dengan cara pola yang dapat di temukan di pengaturan HP. Buka di bagian Setting –> Location and Security –> Set Up Screen Lock –> Pattern; pada bagian ini kita akan diminta untuk memasukkan pola berupa menghubungkan setidaknya empat titik. Kita juga akan diminta untuk memasukkan pola yang sama sebanyak dua kali, yang kedua itu adalah konfirmasi pola untuk mengaktifkan kunci layar dengan pola.

Pada keadaan atau ada faktor tertentu yang menyebabkan HP Android kita terkunci atau Kunci Layar dengan pola menjadi error. Beberapa penyebab diantaranya adalah karena berulangkali memasukkan pola yang salah dan akhirnya HP kita terkunci. Bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Caranya ada dua: (1) Kita reset HP kita, dan akhirnya semua data kita terhapus dari memori telepon, dan (2) kita menggunakan ADB (Android Debug Bridge) yang kira-kira lebih aman. Pada kesempatan ini kita akan membahas cara yang kedua.

Pertama-tama, sobat abc83 perlu mendownload file adb.exe [download disini], ini bisa juga ditemukan pada folder “platform-tools” jika anda sudah menginstal Google SDK di komputer anda. Buat sebuah folder bernama adb di drive C: dan copy file adb.exeke dalam folder itu. Ya, kita akan menggunakan komputer dan kabel USB. Pastikan juga anda sudah menginstal USB driver untuk HP Android anda ke komputer anda. Hubungkan HP anda yang dalam keadaan hidup dan terkunci itu ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Kemudian bukalah command prompt dengan cara menekan tombol Windows+R dan ketikkan cmd dan Enter. Ups… jangan lupa untuk mengaktifkan Debug Mode; buka di Setting –> Applications –> Development (ingat selalu bahwa Debug Mode HARUS SELALU AKTIF!!!!) Jika anda belum aktifkan Debug Mode HP Android anda, maka SEGERA AKTIFKAN DEBUG MODE sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan…

Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan perintah di bawah ini (yang dicetak miring saja):

Cd C:\ADB [ini supaya command prompt ber-asosiasi dengan file adb.exe di dalam folder tersebut]

Kemudian ketikkan:

Adb Devices [Ini agar adb.exe mendeteksi HP anda, jika tidak ada tulisan nama (atau biasanya serial number) HP anda, berarti drivernya belum terinstal]. Jika adb.exe sudah mendeteksi HP Android anda, maka ketik perintah di bawah:

Adb Shell rm /data/system/gesture.key [ini untuk me-reset kunci pola anda, dan ini disebut bypass], jika sukses, maka ketik perintah di bawah untuk melakukan restart atau reoot.

Adb Reboot

Setelah reboot, anda masih akan melihat kunci pola, silahkan memasukkan kunci pola yang mudah anda ingat (yang baru) dan anda akan membuka lagi HP Android anda.

update:

copy syntax di bawah ini ke notepad:

================================ (tanpa garis)

adb root

adb remount

adb shell rm /data/system/gesture.key

adb reboot

================================ (tanpa garis)

simpan file tersebut dengan ekstensi bat (misalnya file.bat) dan letakkan dalam folder adb yang sudah anda download tadi. Jika sudah terkoneksi HP anda dengan PC, jika driver sudah terinstal, silahkan double klik file tersebut. Semoga sukses, jika belum sukses, jangan komentar yang asal-asalan karena tutorial ini tidak asal-asalan.

Peace!

20 comments

  1. ALHAMDULILLAH MAKASI BNGT YA MASSSS… HP Q BISA BERFUNGSI LAGI

    SMG MAS DPT PAHALA YANG BANYK BUANGET AMIN…….???????

    1. Keliru ente gan… maksud saya adalah jangan pernah menghilangkan tanda centang debug USB. Artinya, kalau sampai HP terkunci sementara debug USB gak aktif, maka terlambat sudah…. dan solusi ini tidak ada gunanya lagi.

      1. Goblok bener emg blm pernah d bacok nih org. Emg seting pabrikan smua hh udah d centang ? Trus gmna sm org awam yg ga tau apa2 tentang developer mode dan ga prnnah aktifin usb debug? Klo posting yg bener. Syarat usb debug harus d centang lah org hh nya ke lock. Emg goblok ente gan.

      2. Makasih HJM, pertama saya tidak goblok dan kedua saya pernah dibacok. Hahaha… ente gak ngerti postingan saya. Saya bilang metode ini hanya akan berfungsi jika USB debug sudah aktif, itu sudah jelas…. Dengan membaca postingan ini, ente akan dapat pengetahuan ngaktifin usb debug di developer option. Kalau gak sempat ya sudah factory reset.

  2. HP sudah terkunci, memang tidak bisa lagi masuk ke menu settings. Oleh karena itu, sebelum terkunci, pastikan USB Debugnya aktif. Gitu maksud saya. Bagi yang belum berhasil, pasti ada yang terlewatkan oleh anda. Rahmad, sudah sukses? Alhamdulillah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s