Mempercepat Komputer Lambat


Komputer anda bersistem Windows XP? Vista? Seven? Lambat alias lemot? Jangan frustasi… Memang pekerjaan kita agak terlambat jika komputer yang kita gunakan lambat. Biasanya, ada beberapa hal yang menyebabkan komputer kita menjadi lambat. Beberapa hal tersebut antara lain:

  1. Komputer terinfeksi virus atau worm: Worm biasanya menduplikasi diri dan memakan memori (RAM) kita. Persoalannya, semua file worm itu pada aktif sehingga alokasi memori menjadi menurun, alias banyak terpakai.
  2. Memori yang terpasang kurang dari 512 MB: Ini merupakan persoalan. Kita menghendaki kinerja komputer yang tinggi, tapi persediaan memori cuma 256 MB. Mau beli yang 512 MB atau 1 GB tidak punya uang.
  3. Sistem Operasi yang digunakan dibawah Windows XP: Jika anda menggunakan Windows 98, atau Windows ME, sebaiknya anda instal ulang saja komputer anda. Karena menurut pengamatan saya, Windows 7 itu lebih ringan dari pada windows Vista, XP dan yang sebelumnya. Namun persoalan jadi lain ketika anda tidak punya CD Driver Motherboard anda. Wah… Kacau deh….
  4. Banyaknya Junk Files: Junk Files atau file sampah adalah file-file temporary yang kalau dibiarkan terus-menerus bisa menggunung dan memakan ruang harddisk. Ibaratnya, anda bermain sepak bola dalam kamar mandi; Tentu saja ruang gerak anda terbatas. Jika harddisk anda penuh, sistem akan kesulitan dalam bekerja. Tetapi tidak semua orang mengerti cara menghapus file ini. Jangan-jangan anda malah menghapus file sistem yang menyebabkan sistem atau komputer anda tidak bisa bekerja total.
  5. Banyaknya program startup: Ketika Windows bekerja (boot), beberapa program secara otomatis akan dijalankan. Celakanya, sebagian besar program-program itu tidak berkontribusi pada penggunaan dan pekerjaan kita dan komputer kita. Ini menyebabkan memori bekerja keras padahal kita tidak membutuhkannya.
  6. Banyaknya elemen animasi dan fitur yang bekerja: Fitur dan animasi Windows tidak banyak yang dibutuhkan. Kita hanya membutuhkan beberapa saja. Komputer yang kita gunakan untuk kerja kantoran, skripsi, tesis, disertasi, sama sekali tidak membutuhkan animasi penyedap mata.  Fitur-fitur ini sebaiknya dinon-aktifkan saja.
  7. Terlalu banyak program-program yang terinstal tapi tidak terpakai.

Enam hal di atas adalah penyebab komputer kita menjadi lambat. Dan inilah trik untuk memudahkan anda meringankan beban kerja komputer agar menjadi lebih cepat, tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun…

  1. Matikan program di Startup: tekan tombol Windows (biasanya di keyboard di samping kiri tombol spasi) seraya menekan tombol R untuk membuka jendela RUN. Ketik MSCONFIG dan kemudian tekan ENTER.  Jika jendela System Configuration sudah muncul, klik tab Startup. Kemudian klik tombol Disable All, diikuti dengan tombol Apply dan OK. Anda akan dimintai untuk merestart komputer. Silahkan merestart komputernya.
  2. Matikan animasi dan fitur yang tidak penting: Buka Windows Explorer anda. Kemudian klik kanan My Computer, dan pilih Properties. Setelah itu, klik pilihan Advanced System Setting. Akan ada kotak dialog System Properties yang muncul, jika ya, maka klik tombol setting yang berada pada pilihan Performance. Pilih opsi Adjust for Best Performance. dan Klik OK. Restart komputer anda.
  3. Scan Virus: Bersihkan komputer anda dari virus dan worm dengan antivirus yang ringan-ringan saja, seperti SMADAV atau PCMAV. Pastikan tidak ada virus yang tersisa.
  4. Bersihkan Junk Files: Saya menyarankan anda untuk menggunakan software untuk melakukan hal ini. Saya hanya tidak ingin anda menghapus file sistem yang akan merusak sistem anda sendiri. Program-program tersebut antara lain: CCleaner, One Click Cleaner.
  5. Hapus program (Uninstal) tertentu yang tidak digunakan dengan software Uninstaller yang juga berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa file, folder, dan registri yang tidak berguna. Untuk hal ini, saya usulkan beberapa software gratis dan ringan sebagai berikut: Revo Uninstaller, jika programnya sulit dihapus, maka gunakan Brute Force Uninstaller.

Sekarang, restart komputer anda dan rasakan perbedaannya. Selamat bekerja….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s