Kumpulan Custom Rom Nexian Cronos mi320


android_Custom_ROM_androcid-e1339162742658Sobat abc83, kali ini saya mau share beberapa Custom Rom yang cocok untuk Smartphone Android Nexian Cronos mi320. Mengapa saya bilang “yang cocok”? Karena sampai saat ini Custom Rom untuk Nexian Cronos mi320 masih sangat langka atau bahkan belum ada. Lalu apa dasar dari Custom Rom ini? Dasarnya adalah salah satu Smartphone produk India, yakni Micromax Ninja A57. Struktur Rom Micromax A57 (dan A56) dan Nexian mi320 sama, sehingga dapat diaplikasikan. Resikonya, Smartphone anda menjadi Smartphone unik, apakah Micromax dijual di kota anda? Kalau tidak dijual, berarti anda beruntung… :-)

Sebelum anda melakukan instalasi Custom Rom yang anda download di bawah ini, maka anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Instal Driver untuk lakukan Root: Anda harus memiliki akses ROOT untuk bisa secara leluasa melakukan kostumisasi Smartphone Nexian mi320 anda. Untuk melakukan rooting, anda setidaknya harus menginstal Driver anda. Tanpa driver, anda akan kesulitan melakukan apapun dengan HP anda, khususnya koneksi ke laptop atau PC. Untuk mendownload USB Drivernya, Link-nya saya sediakan di bawah.
  2. Ayo Rooting: Kemudian anda melakukan rooting. Anda membutuhkan aplikasi Unlock Root v.3 untuk melakukan hal tersebut. Download Unlockroot v.3 yang saya buat portable di link di bawah. Setelah itu, koneksikan Smartphone anda dengan PC atau laptop ber-OS windows dimana anda mempunyai Unlockroot disana. Setelah itu, jalankan aplikasi Unlock Root-nya dan klik tombol Hijau yang ada tulisan ROOT. Tunggu hingga Smartphone terdeteksi, klik tombol yang ada tulisan tipe Smartphone kita dan tunggu sampai proses rooting selesai dan reboot. INGAT!!! Buka dulu settingan HP, kemudian cari bagian Aplikasi–>Pengembangan–>Aktifkan Debug Mode, Stay Awake (tetap hidup), dan Mock Location (Lokasi Tiruan). Jangan lupa centang “Unknow Source” di bagian Aplikasi juga. Saya berasumsi anda sudah melakukan root kalau sampai ada perintah reboot dari Unlock Root. Yang di-reboot adalah HP, bukan laptop :-D
  3. Update Clockworkmod Recovery: Setelah reboot, instal aplikasi Mobile Uncle Tools di HP. Aplikasi ini bertujuan untuk melakukan update recovery.img agar Recovery Mode kita lebih canggih nantinya; link download ada di bawah. Setelah itu, download file CWM Recovery di link di bawah juga. Ini CWM Recovery untuk Micromax A57 juga :-) dan setelah itu file-nya harus di-rename menjadi recovery.img (huruf kecil semua). File ini diletakan di dalam SD Card dan kemudian jalankan aplikasi Mobile Uncle Tools yang ada di HP tadi. Nanti ada pilihan Recovery Flash atau semacamnya (maaf saya lupa tapi gak masalah kok, anda pasti dapat). Pilih file recovery.img yang di SD Card dan mulai flashing.
  4. Backup Original Rom: Nah ini dia sangat penting. Setelah berhasil melakukan update Recovery Mode, silahkan reboot dan masuk ke Recovery Mode. Tampilan dan pilihannya akan berubah, lebih canggih. Pilih backup and restore, pilih backup dan lakukan backup. Tunggu sampai proses backup selesai. Nah ketika selesai, file backup original Rom atau firmware asli ada di SD Card, di folder clockworkmod/backup/ segera copy folder yang tertera angka (itu tanggal hingga jam) tanpa me-rename folder itu, pindahkan ke PC agar aman. Kalau mau restore lagi kan tingga copy ke folder semula dan masuk ke Recovery mode dan pilih restore. Untuk masuk ke Recovery Mode, tekan tombol Power, Home, dan Volume + bersamaan.
  5. Flashing Custom Rom: Nah, setelah download Custom ROM di bawah, letakan sa;ah satu yang anda inginkan saja di SD Card dan jangan dalam folder ya? Setelah itu, masuk ke recovery mode dan pilih instal zip from SD Card. Kemudian pilih filenya yang memang adalah file dengan ekstensi zip, misalnya Blue_neon.zip. Tunggu hingga selesai, kemudian reboot. Setelah itu, masuk ke recovery mode lagi dan lakukan Wipe Cache dan Wipe Data, agar sistem baru itu disesuaikan dengan kondisi HP. Selesai sudah :-)

File-file yang harus di download:

Download Custom Rom disini (ANDA BOLEH DOWNLOAD SEMUA, TAPI ANDA HANYA BOLEH GUNAKAN SALAH SATU SAJA, SETIDAKNYA COBALAH SATU PER SATU!!!):

  1. DROID GB dan UPDATE (file update-nya diletakan di SD Card, setelah Flashing Custom Rom, masuk lagi ke Recovery Mode, dan pilih Apply update.zip from SD Card, tentunya anda harus menamai file updatete tersebut update.zip).
  2. GingerNight
  3. Xtreme Ginger dan UPDATE (lakukan seperti yang di atas).
  4. V-Edge TIPOiCe

Nah… selamat mencoba :-) tapi saya tidak bertanggungjawab atas kerusakan yang mungkin terjadi. Sejauh ini, saya baru mencoba yang nomor 3 dan benar-benar memuaskan…

About these ads

27 comments

  1. Mastah, apakah sesudah pke CusROM a56 trus bermasalah dengan pengecasan?? apakah msh bisa pke charger bawaan Nexian?

    THx

  2. Saya belum pernah bermasalah seperti itu, tapi sepertinya masih bisa karena masalah power supply tidak berkaitan dengan program. Coba cas saat HP dimatiin, kalau masih bermasalah berarti cek terminal cas di HP mungkin rusak?

    1. Flash update CWM? Saya pikir instruksi yg ada di abc83 adalah flash file CWM (recovery.img) pakai punya Micromax A57. Pakai MobileUncle Tool (apk) kalau HH agan sudah root, kalau belum maka pakai sp falsh tool (exe).

  3. Salam kenal Masta…
    Saya pengguna Cronos Mi320 juga..Trimakasih untuk info yg ada di Blog ini..sangat banyak membantu..terutama Update CWM yg selama ini saya gak pernah berhasil..
    akhirnya berhasil juga setelah pakai recovery.img touch nya..
    Apa bisa cronos Mi320 ini di upgrade ke ICS atau JeliBean..Apa masta punya Firmware atau ROM nya….Mohon Share kalau punya ya.. Trimakasih.. ( note: adik saya punya samsung Galaksi Y duos, Bawaan ginggerberd.. di upgrade ke ICS bisa dan Lancar..moga di Cronos Mi320 juga bisa.hehehe..ngarep.com)

  4. Gini gan, untuk bisa main ICS atau JB, internal memory-nya harus minimal 512mb, sedangkan cronos kecil banget. Memang kalau pakai ext2. 3. 4. kita bisa menggunakan sdcard untuk boosting internal memory, tetapi tidak mungkin kita bisa memindahkan system ke partisi ext karena partisi ext itu hanya bisa memuat data app, bukan system. Jadi tetap saja gak bisa, dan gak ada yang mau modifikasi kernelnya biar bisa jalanin ICS atau JB, karena selain pekerjaannya sulit, juga pasti akan sia-sia. Saya pernah upgrade Samsung i5700 dari Eclair ke Froyo, itu karena beda requirement terhadap internal storagenya tipis… sama dengan yg punya adiknya… tapi kalau Cronos menurut saya terlalu minim… jadi maksimalkan aja GingerBreadnya. Terima kasih :-)

    1. misi gan….numpang masukan saran cwmnya pake yg touch v6 brpa gitu…ada di abc juga….masuk mobileuncle trus pilih recovery update trus tunggu dikit trus ada konfirmasi reboot recovery di cancel aja trus pilih reboot into recovery….

  5. punya saya qo pas saat mau di recovery di mobile uncle gagal trus ya, notification’y minta di root trus padahal udh berkali2 root tpi tetap aja gk bisa ???
    ada yg tau gak agan semuanya kenapa ????

  6. gan.. kalau waktu recovery modenya “no zip file found” dah gitu untuk pilih menu di recovery modenya pakai apa ya gan? ane klik-klik dan ane geser-geser gak respon, yang respon cuma pada saat tombol power di tekan.. mohon pencerahannya

    1. recovery modenya masih bawaan atau kalau sudah CWM? no zip file found itu kemungkinannnya karena emang tidak ada file rom di sdcard, atau mungkin recoverynya belum cwm.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s