android_Custom_ROM_androcid-e1339162742658Sobat abc83, kali ini saya mau share beberapa Custom Rom yang cocok untuk Smartphone Android Nexian Cronos mi320. Mengapa saya bilang “yang cocok”? Karena sampai saat ini Custom Rom untuk Nexian Cronos mi320 masih sangat langka atau bahkan belum ada. Lalu apa dasar dari Custom Rom ini? Dasarnya adalah salah satu Smartphone produk India, yakni Micromax Ninja A57. Struktur Rom Micromax A57 (dan A56) dan Nexian mi320 sama, sehingga dapat diaplikasikan. Resikonya, Smartphone anda menjadi Smartphone unik, apakah Micromax dijual di kota anda? Kalau tidak dijual, berarti anda beruntung… :-)

Sebelum anda melakukan instalasi Custom Rom yang anda download di bawah ini, maka anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Instal Driver untuk lakukan Root: Anda harus memiliki akses ROOT untuk bisa secara leluasa melakukan kostumisasi Smartphone Nexian mi320 anda. Untuk melakukan rooting, anda setidaknya harus menginstal Driver anda. Tanpa driver, anda akan kesulitan melakukan apapun dengan HP anda, khususnya koneksi ke laptop atau PC. Untuk mendownload USB Drivernya, Link-nya saya sediakan di bawah.
  2. Ayo Rooting: Kemudian anda melakukan rooting. Anda membutuhkan aplikasi Unlock Root v.3 untuk melakukan hal tersebut. Download Unlockroot v.3 yang saya buat portable di link di bawah. Setelah itu, koneksikan Smartphone anda dengan PC atau laptop ber-OS windows dimana anda mempunyai Unlockroot disana. Setelah itu, jalankan aplikasi Unlock Root-nya dan klik tombol Hijau yang ada tulisan ROOT. Tunggu hingga Smartphone terdeteksi, klik tombol yang ada tulisan tipe Smartphone kita dan tunggu sampai proses rooting selesai dan reboot. INGAT!!! Buka dulu settingan HP, kemudian cari bagian Aplikasi–>Pengembangan–>Aktifkan Debug Mode, Stay Awake (tetap hidup), dan Mock Location (Lokasi Tiruan). Jangan lupa centang “Unknow Source” di bagian Aplikasi juga. Saya berasumsi anda sudah melakukan root kalau sampai ada perintah reboot dari Unlock Root. Yang di-reboot adalah HP, bukan laptop :-D
  3. Update Clockworkmod Recovery: Setelah reboot, instal aplikasi Mobile Uncle Tools di HP. Aplikasi ini bertujuan untuk melakukan update recovery.img agar Recovery Mode kita lebih canggih nantinya; link download ada di bawah. Setelah itu, download file CWM Recovery di link di bawah juga. Ini CWM Recovery untuk Micromax A57 juga :-) dan setelah itu file-nya harus di-rename menjadi recovery.img (huruf kecil semua). File ini diletakan di dalam SD Card dan kemudian jalankan aplikasi Mobile Uncle Tools yang ada di HP tadi. Nanti ada pilihan Recovery Flash atau semacamnya (maaf saya lupa tapi gak masalah kok, anda pasti dapat). Pilih file recovery.img yang di SD Card dan mulai flashing.
  4. Backup Original Rom: Nah ini dia sangat penting. Setelah berhasil melakukan update Recovery Mode, silahkan reboot dan masuk ke Recovery Mode. Tampilan dan pilihannya akan berubah, lebih canggih. Pilih backup and restore, pilih backup dan lakukan backup. Tunggu sampai proses backup selesai. Nah ketika selesai, file backup original Rom atau firmware asli ada di SD Card, di folder clockworkmod/backup/ segera copy folder yang tertera angka (itu tanggal hingga jam) tanpa me-rename folder itu, pindahkan ke PC agar aman. Kalau mau restore lagi kan tingga copy ke folder semula dan masuk ke Recovery mode dan pilih restore. Untuk masuk ke Recovery Mode, tekan tombol Power, Home, dan Volume + bersamaan.
  5. Flashing Custom Rom: Nah, setelah download Custom ROM di bawah, letakan sa;ah satu yang anda inginkan saja di SD Card dan jangan dalam folder ya? Setelah itu, masuk ke recovery mode dan pilih instal zip from SD Card. Kemudian pilih filenya yang memang adalah file dengan ekstensi zip, misalnya Blue_neon.zip. Tunggu hingga selesai, kemudian reboot. Setelah itu, masuk ke recovery mode lagi dan lakukan Wipe Cache dan Wipe Data, agar sistem baru itu disesuaikan dengan kondisi HP. Selesai sudah :-)

File-file yang harus di download:

Download Custom Rom disini (ANDA BOLEH DOWNLOAD SEMUA, TAPI ANDA HANYA BOLEH GUNAKAN SALAH SATU SAJA, SETIDAKNYA COBALAH SATU PER SATU!!!):

  1. DROID GB dan UPDATE (file update-nya diletakan di SD Card, setelah Flashing Custom Rom, masuk lagi ke Recovery Mode, dan pilih Apply update.zip from SD Card, tentunya anda harus menamai file updatete tersebut update.zip).
  2. GingerNight
  3. Xtreme Ginger dan UPDATE (lakukan seperti yang di atas).
  4. V-Edge TIPOiCe

Nah… selamat mencoba :-) tapi saya tidak bertanggungjawab atas kerusakan yang mungkin terjadi. Sejauh ini, saya baru mencoba yang nomor 3 dan benar-benar memuaskan…

About these ads